Pages

Minggu, 01 Mei 2011

MATAHARI PAGI

Sekarang kita akan coba bahas sedikit tentang benefit dari olahraga pagi, bukan tentang olahraganya tapi tentang si "lampu alami" di pagi hari, MATAHARI.

Dipagi hari, selain olahraga yang dapat menyehatkan tubuh, ternyata kebaikan alam di pagi hari memiliki rahasia yang cukup menarik. Kalian tentu pernah mendengar kata "sun bathing" dipagi hari kan? Ya, kebiasaan ini sering dilakukan para lansia dan anak2 balita. Kita sebenarnya membutuhkan sinar matahari pagi tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit, otot, & sistem kekebalan tubuh.

Matahari memiliki 3 tipe sinar yg terdiri atas: sinar putih, sinar inframerah, dan sinar ultraviolet. Sinar putih adalah hasil penggabungan 7warna yang berbeda, seperti pelangi. Setiap warnanya memiliki efek yang berbeda pada tubuh. Sinar inframerah memancarkan panas. Kehangatannya mampu merelaksasi otot, mengurangi memar & rasa sakit pada tubuh. 

Sinar ultraviolet adalah penting. Paparan yang terkena kulit mampu mengubah kolestrol dibawah kulit kita menjadi vitamin D untuk tubuh kita. Sunbathing berguna untuk menutrisi otot. Para atlet melakukan sunbathing secara tratur untuk menambah massa & kekuatan pada otot mereka.


Fakta Matahari Pagi:

  • Sinar matahari membantu ptumbuhan rambut, menstabilkan tekanan darah, dan membantu efisiensi kerja ginjal.
  • Untuk yang sedang memiliki masalah pada kulit, sinar Matahari Pagi mampu membntu penyembuhan kulit dengan cepat dengan meransang jumlah alkali.
  • Untuk para wanita hamil, mandi Matahari Pagi membantu Anda untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan
  • Cahaya Matahari Pagi bagaikan insulin bagi tubuh dengan memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh.
  • Matahari Pagi dapat membunuh bakteri penyakit, virus & jamur. Itu berguna untuk perawatan TBC, keracunan darah, pnemonia, mumps, asma saluran pernapasan.
  • Matahari Pagi dapat meningkatkan penyerapan kalsium dengan pembentukan & perbaikan tulang dan mencegah penyakit tulang.
  • Sinar Matahari Pagi menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) bertambah.


Rekomendasi dalam sunbathing:

  1. Jangan takut Anda akan hitam jika terpapar Matahari Pagi. Gunakan pakaian seminimal mungkin agar sinar lebih mudah terserap tubuh
  2. Jangan pernah menatap Matahari Pagi secara langsung! Gunakan kacamata hitam jika diperlukan
  3. Berjemur dbawah sinar Matahari Pagi antara jam 6-9pag
  4. Jika kulit terasa terbakar, badan menjadi lemas, berarti Anda terlalu banyak terpapar sinar Matahari Pagi
  5. Setelah mandi Matahari Pagi, sebaiknya Anda lansung mandi dengan air dingin.



0 komentar:

Posting Komentar