Pages

Jumat, 06 Mei 2011

Saat Bulan Jadi SUPER



Siapa yang sempat menyaksikan supermoon 2 bulan lalu? Apa sih supermoon itu? bulannya jadi super, gitu? terus benarkah supermoon pertanda bencana? hiiiiiy..

BULAN PURNAMA BESAR

Supermoon dikenal juga dengan nama Lunar Perigee. Saat itu Bulan akan tampak jauh lebih besar dari biasanya. ini terjadi, karena Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Yaitu sekitar 365.578 km. Padahal jarak Bumi-Bulan biasanya sekitar 382.900 km.

Kejadian seperti ini terjadi 18 tahun sekali. Nah, Supermoon yang terbaru, terjadi tanggal 20 Maret lalu. Tepatnya pukul 02.10 WIB. Saat itu, bulan purnama tampak lebih besar dari iasanya. cahayanya pun jadi terasa lebih terang.

Supermoon seperti ini sebelumnya terjadi pada bulan Maret 1993, lo! Supermoon ini aman untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun, akan tampak lebih jelas perbedaan ukuran besarnya dengan menggunakan teleskop.


AIR LAUT PASANG.

         Dekatnya jarak Bumi dan Bulan, akan membuat gaya gravitasi Bulan dan Bumi semakin kuat. Akibatnya, terjadi tarik menarik antar Bumi-Bulan. Hasilnya? permukaan air laut akan naik. Untuk itu, nelayan dan warga pesisir pantai harus hati-hati. Karena, banjir pasang akan lebih tinggi dari biasanya. namun, tak perlu khawatir. Air laut ini akna kembali normal, kok. Biasanya pasang akan berlangsung sekitar satu minggu.

        Sssssst benarkah Supermoon itu menyebabkan bencana? Seperti gempa bumi di Jepang itu? Mmm.. ternyata itu tidak benar. Para ahli mengatakan, Supermoon itu itu kejadian alam biasa. Bulan tidak akan menyebabkan gempa bumi atau gunung meletus. Akibat yang ditimbulkan Supermoon hanya sebatas naiknya permukaan air laut saja. Saat kejadian Supermoon lalu, terjadi banjir pasang yang lebih tinggi di beberapa daerah pesisir. Misalnya saja, di Pelabuhan Belawan, Medan. Banjir pasang saat itu mulai 30 cm sampai sepinggang orang dewasa.. 


Siapa yang menyaksikan Supermoon yang lalu? Kalau belum sempat, tunggu sampai Supermoon berikutnya yaaa.. :D


0 komentar:

Posting Komentar