Pages

Rabu, 20 April 2011

Bike Facts


Bersepeda dapat menghilangkan stres. Banyak pemandangan yang bisa dilihat dan tempat-tempat indah yang bisa dituju bersama BikeFacts


Di Bandung tumbuh pesat berbagai macam kelompok sepeda. Setidaknya ada 7.000 pesepeda dari 57 komunitas pesepeda yang ada. 


Komunitas sepeda, bagi kalangan usia lanjut, adalah sumber semangat hidup. Bersepeda adalah obat awet muda. 


Sejumlah orang memang masih mencibir tentang penggunaan sepeda sebagai alternatif alat transportasi untuk menunjang aktivitas bekerja. Karena mereka masih menganggap bahwa pemakaian sepeda sebagi alat transportasi akan merepresentasikan kelas sosial marjinal bagi pemakainya. Namun, sesungguhnya hal ini sangat bergantung pada bagaimana kita memaknai arti bersepeda. Memaknai sesuatu atau enrichment adalah bagaimana kita memandang dan menempatkan sesuatu tersebut pada persepsi kita. Jika kita melekatkan makna bersepeda dengan olahraga, kita akan dengan senang hati bersepeda karena ada target tinggi berupa kebugaran yang hendak kita capai. Mengayuh sepeda sehari-hari tidak hanya membuat badan segar bugar. Masih banyak manfaat lain yang mungkin belum pernah terfikirkan oleh kita. check it out! 


Seorang wanita yg berat tubuhnya sktr 60 kg jika mengayuh dengan kecepatan 22 km/jam bisa membakar sekitar 488 kalori dalam waktu 60 menit. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Psychotherapy and Psychosomatics menemukan bahwa bersepeda menaikkan level energi sbnyk 20% Dan mengurangi kelelahan hingga 65 persen. Mengapa? Karena bersepeda memicu otak untuk mengeluarkan neurotransmitter dopamine, yang berhubungan dengan energi. 


Bersepeda juga melindungi jantung lhoo. Studi terbaru menunjukkan bahwa berjalan atau bersepeda ke sekolah secara rutin dapat meningkatkan nilai anak di sekolah... woow! Ga cuma itu, semakin lama bersepeda, maka semakin pintarlah mereka. Alasannya, berjalan dan naik sepeda dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa membantu kinerja otak. 


Bersepeda merupakan langkah terbaik untuk mengakrabi kota, lingkungan, sekaligus berolahraga secara bersamaan. Salah satu upaya memperbaiki kualitas bersepeda di dalam kota justru berasal dari dua pihak, penduduk dan pemerintah kota. Belum lama ini, beberapa kota besar di dunia telah berhasil membuat penduduknya semakin banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. 


Berikut daftar 11 kota di dunia yang berhasil memperoleh predikat kota paling akrab buat pesepeda: 
1. Amsterdam, Belanda. Sampai detik ini, Amsterdam masih memegang sebutan ibu kota sepeda di Eropa (bahkan terbaik di dunia), 
2.Portland, Oregon, AS. Memiliki jalur sepeda yang mengubungkan seluruh pelosok kota. 
3.Copenhagen, Denmark. Kota ini menduduki urutan enam dalam peringkat kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. 
4.Boulder, Colorado, AS. Boulder Safe Routes to School, memberi rasa aman & nyaman bagi anak2 untuk memakai sepeda berangkat & pulang sekolah. 
5.Davis, California, AS. Kota kecil dengan jalur sepeda sepanjang 100 mil. 
6.Sandnes, Norwegia, 
7.Trondheim, Norwegia, 
8.San Francisco
9. Berlin, Jerman, 
10.Barcelona, Spanyol , 
11. Basel, Swiss, 

INDONESIA.....?????? Mungkinkah?? Mari kita hijaukan bumi ini, kita birukan langit ini. Lamun sanes urang, saha deui? Lamun teu ayeuna, iraha deui? Let's act beyond green!!

0 komentar:

Posting Komentar