Pages

Rabu, 20 April 2011

Water World Day 2011

u


Water World Day adalah sebuah resolusi dari PBB yang mulai dikembangkan pada tahun 1992 pada kongres UNCED di Rio De Jeneiro, Brazil. WorldWateDay berfokus pada pentingnya fungsi air bersih bagi manusia dan upaya untuk melindungi secara hukum sumber-sumber mata air secara berkelanjutan.

WorldWaterDay mulai dideklarasikan pada tahun 1992, namun mulai dirayakan secara internasional tahun 1993 dan setiap tahunnya tema WorldWaterDay pasti berbeda-beda kali ini, tema WorldWaterDay di tahun 2011 adalah "Water for Cities: Responding to Urban Challenge" yang memberikan perhatiannya pada pertumbuhan industri&populasi urban yang sangat cepat brakibat buruk pada sistem perairan di kota-kota.

WorldWaterDay  2011 bertujuan untuk mendorong pemerintah, organisasi, masyarakat, &I ndividu untuk aktif terlibat dalam mengatasi tentang pengelolaan air perkotaan. Tema World WaterDay 2011 ini diambil karena melihat adanya ketidakseimbangan antara keadaan alam dengan arus urbanisasi dikota-kota yang besar-besaranan.

Orang kota dan orang desa perbandingannya 2:1 hal ini dikarnakan banyak Negara (trutama negara berkembang) tidak punya peraturan jelas tentang urbanisasi. Area yang sempit, tetapi orangnya banyak, sehingga dikota-kota didunia 40% areanya berkembang area pemukiman kumuh.

Tema WorldWaterDay menekankan bagaimana dkota-kota besar menerapkan manajemen air bersih sebaik mungkin sehingga setiap orang punya kesempatan dapat air bersih. Jadi bagaimana cara kita memanage air dengan sederhana? mudah. caranya gunakan kembali air yg anda gunakan untuk keperluan lain contohnya, abis mencuci baju pada bilasan terakhir, gunakan air tersebut untuk menyiram tanaman dan juga berhematlah menggunakan air, contohnya saja Jennifer Anniston, dia hanya menggunakan air sbnyak 8 gayung saja untuk mandi tapi tetap bersih.

"Banyak cara untuk berhemat air, yang penting sadarilah bahwa diluar sana masih banyak orang yang butuh air bersih hanya untuk minum satu sendokan tangan saja."

0 komentar:

Posting Komentar